Wednesday, May 24, 2006

TMO or TKS?

Oh iya…sampai lupa, aq kan masih punya hutang sama pembaca, mo’ bagi2 ilmu hasil training TMO (Training Manajerial Organization) n’ TKS (Training Keluarga Samara). Afwan….kalau dah nunggu lama, BTW yang mana dulu ya cerita-nya? TMO or TKS? Ayo request yang mana…..^_^. OK…kaya’e banyak yang nunggu hasil TKS deh ^_^, ya dah gpp….bagi2 ilmu, kali aja yang nunggu dah ngga’ sabar mbaca n’ jodoh-nya dah didepan mata…weleh…weleh…jo’ lali undangane yo pren…he…he…

Waduh dimulai dari mana ya…??? Habis-nya training-nya dah hampir 1bulan yang lalu sih….so ya rada2 lupa gitu, tapi Insya Allah masih ingat2 lah walaupun ngga’ 100%.

Pernikahan, apa itu? Pernikahan adalah akad atau ikatan antara seorang laki-laki dan perempuan untuk membangun rumah tangga sebagai suami istri sesuai dengan ketentuan syariat Islam.

Kalau aQ tanya, siapa yang ngga’ ingin menikah? Kaya’e pembaca semua (yang belum married nih) ngga’ ada yang ngga’ pingin nikah. Pasti pingin nikah, walaupun belum siap. kenapa? Ya karena udah fitroh-nya dari sono, kalau manusia itu diberi Allah Ghorizah An-Nau’ (baca: naluri melestarikan jenis).

Habis gitu….katanya sih (emang iya!!!) Menikah adalah ibadah, menyempurnakan sebagian dien kita. Yang dulu-nya ngga’ pernah jamaah, bisa jamaah sama suami/ istri-nya, yang biasanya jarang bangun malam karena ngga’ ada yang bangunin, ada suami/istri-nya yang bangunin untuk bermunajad kepada Sang Pemilik jagad raya. Kalau yang biasa-nya nyuci baju-nya dw, sekarang ada tambahan pahala nyuciin baju dsb (melayani suami). So kalau kita memahami bahwa menikah adalah ibadah, menyempurnakan dien kita, mengapa mesti ngga’ siap n’ takut menikah? Bukankah kita hidup di dunia yang sementara ini hanya untuk beribadah n’ meraih ridlo-Nya semata? Kalau belum siap gimana dong Rik? Ya…dipersiapkan mulai dari sekarang!!
Mo’ buat alasan apalagi…? Masih belum ada yang minta? Eeeh jangan salah, siapa tahu sebentar lagi Allah mempertemukanmu dengan jodoh yang telah ditetapkan-Nya untukmu ^_^ he…he…..

Trus…janji Allah…orang yang menikah itu….adalah orang yang berhak ditolong sama Allah.
Sabda Rosulullah :
“Tiga orang yang berhak ditolong Allah: pejuang di jalan Allah, mukatib (budak yang membebaskan diri dari tuannya) yang mau melunasi pembayarannya, dan orang yang menikah karena hendak menjauhkan diri dari perkara haram” (HR.Turmudzi).

Rikaaaa…kamu tuh suka-nya ngomporin orang untuk nikah aja!. Ya…iyalah menikah kan ibadah, daripada tiap hari aQ liatin teman2Q yang pacaran ngalor ngidul ngga’ jelas mo’ dibawa kemana hubungan kalian, ya…mending kamu nikah aja deh pren, kalau kamu belum siap, tar kamu pinjam buku2Q dari yang sistem pergaulan, pra pernikahan, pernikahan n’ pasca pernikahan Insya Allah ada…mo’ segera punya anak? ada buku mendidik anak, home schooling n’ PADU (Pendidikan Anak Dini Usia) dsb, tenang aja ada perpustakaan gratis…tapi wajib kembali dalam kondisi baik OK ^_^ ?

Well….back to topick….TKS (sorry point-nya aja ya…)
3-8-5-6….Itu no apaan Rik? Yang jelas itu bukan no ujianQ apalagi no togel ^_^.
Ingat !!! 3 Prinsip, 8 Fungsi, 5 Tujuan dan 6 Kebahagiaan

3. Prinsip Berkeluarga

1. Islam memandang pernikahan sebagai “perjanjian yang berat, setiap orang memiliki hak dan kewajiban (Lihat QS. An Nisâ[4]:21)

2. Islam memandang setiap anggota keluarga sebagai pemimpin dalam kedudukan masing-masing (Lihat HR. Bukhari dan Muslim)

3. Islam mengajarkan prinsip adil dalam membina keluarga. Adil dalam arti meletakkan fungsi-fungsi keluarga secara memadai dengan fungsi keagamaan sebagai dasarnya.

8 Fungsi Keluarga
1. Fungsi reproduksi: dari keluarga dihasilkan anak keturunan secara sah
2. Fungsi ekonomi: kesatuan ekonomi mandiri, anggota keluarga mendapatkan dan membelanjakan harta untuk memenuhi keperluan
3. Fungsi sosial: memberikan status, kadang prestise kepada anggota keluarga
4. Fungsi protektif: keluarga melindungi anggotanya dari ancaman fisik,ekonomis dan psiko sosial
5. Fungsi rekreatif: keluarga merupakan pusat rekreasi bagi para anggotanya
6. Fungsi afektif: keluarga memberikan kasih sayang
7. Fungsi edukatif: memberikan pendidikan
8. Fungsi relijius: keluarga memberikan pengalaman keagamaan kepada para anggota

5 Tujuan Keluarga
1. Mewujudkan mawaddah wa rahmah, yakni terjalinnya cinta kasih dan tergapainya ketentraman hati (Lihat surat Ar Rûm[30]:21).
2. Melanjutkan keturunan dan menghindari dosa (Lihat hadits riwayat Ahmad dan Ibnu Hibban)
3. Mempererat silaturahim
4. Sebagai sarana dakwah (Lihat surat At Tahrîm[66]:6)
5. Menggapai mardhatillâh (ridha Allah) dan masuk sorga bersama (az-Zukhruf:70)

6. Kebahagiaan
1. Kebahagiaan material
2. Kebahagiaan seksual
3. Kebahagiaan moral
4. Kebahagiaan intelektual
5. Kebahagiaan spiritual
6. Kebahagiaan ideologis

Afwan…karena posisi diriQ disini bukan trainer-nya, so aQ Cuma bisa ngasih point-nya aja. Lagian kalau mo’ dijelasin one by one…bisa puanjang banget ceritanya…afwan ya….Udah gitu aja deh…Duh lega, 1 hutang cerita dah aQ lunasi, tinggal 1 topik cerita, kapan ya….??? Mohon maaf…harap sabar….kalau tyt TMO belum landing2 juga…harap diikhlaskan saja ^_^.

No comments: